Sabtu, 24 November 2018

Luar Biasa Bunga Ini Bukan Hanya Cantik Sudah Bisa Dimakan Baik Juga Untuk Kesehatan

Situstanamanhias || Di tahun 2018 ini tren kecantikan dan kesehatan semakin unik. Biasanya jenis vegetasi yang diolah hanya sebatas daun-daunan. Ternyata bunga yang biasa kita gunakan sebagai hiasan, punya manfaat lainnya loh untuk kesehatan. Memakan bunga jenis edible flower atau yang bisa dimakan memang sudah dilakukan sejak dulu, baik di indonesia maupun negara lainnya. 

Seperti memakan bunga melati dan mawar yang pernah dilakukan aktris senior pemeran "Nyi Roro Kidul" yaitu almarhumah Suzanna atau sejenis bunga krisan yang dapat dijadikan teh di negara tiongkok.

Selain bunga-bunga tersebut, masih banyak juga jenis yang bisa untuk Anda konsumsi. Berikut daftar jenis bunga dengan berbagai manfaat untuk kesehatan ;

1. Bunga Mawar

Bunga mawar sudah lama digunakan untuk perawatan kecantikan dan juga kesehatan. Kandungan fenolat dalam bunga mawar berfungsi sebagai anti inflamasi, kaya akan vitamin, dan mampu mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.


2. Bunga Melati


Bunga yang biasa digunakan dalam acara pernikahan tradisional ini kaya kandungan zat yang dapat menyehatkan tubuh, seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, dan jasmon.
Manfaat yang kamu bisa dapatkan dari mengkonsumsi bunga melati bukan hanya dari sisi kecantikan seperti mengurangi jerawat, tetapi juga peradangan pada usus, ginjal, menurunkan kolestrol, menurunkan gula darah, sebagai detoksifikasi dan menurunkan berat badan.

3. Bunga Anyelir

 Tanaman hias yang biasa dalam bahasa inggris disebut carnation ini ternyata cukup populer untuk dikonsumsi. Anyelir bisa dilarutkan bersama wine maupun dimakan langsung. Rasanya manis juga lembut di mulut.

4. Bunga Kecombrang

 Bunga yang dikenal dengan sebutan honje, kincun, kantan, atau juga sambuang ini mengandung banyak zat seperti ; vitamin, saponin, antimikroba, polifenol, dan antioksidan.

Bunga kecombrang bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit, meningkatkan fungsi otak, mencegah dehidrasi, dan mengobati luka. Di indonesia, bunga kecombrang sering
dijadikan olahan  masakan seperti laksa medan dan gulai.

5. Bunga Turi

Di indonesia, bunga turi lebih tepatnya di daerah pulau jawa biasa dijadikan masakan seperti lalapan, dan pelengkap pecal. Bunga turi juga kaya akan nutrisi seperti ; karbohidrat,

protein, lemak, vitamin. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bunga ini antara lain ; mengobati sariawan, mengobati rabun senja, mengatasi disentri, sakit kepala, batuk dan juga pilek.

6.Bunga Rosella

Ada 2 jenis bunga rosella, berwarna merah juga ungu dan berasal dari negara Afrika. Bunga rosella sejak lama diketahui khasiatnya untuk kesehatan dan dijadikan sebagai minuman teh. Daun bunga ini banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh seperti ; vitamin c, vitamin a, protein esensial, kalsium, yang dapat menyehatkan tubuh.

 

Ilmuwan dari negara Taiwan yaitu Chau-Jong menemukan khasiat mengonsumsi bunga rosella dapat mengurangi resiko penyakit jantung, sebab sudah terbukti dapat mengurangi
jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah.



Bunga rosella bisa juga mengurangi kadar kolestrol jahat dan menstabilkan tekanan darah, pada pengidap penyakit hipertensi, sebagai diet alami, dan tentu masih banyak khasiat
lainnya.

7. Bunga Hibiscus ( Kembang Sepatu )

Bunga Hibiscus biasa dikonsumsi dengan cara dikeringkan terlebih dahulu kemudian diseduh menjadi teh atau minuman lain. Kelopak bunga kembang sepatu dapat dijadikan manisan atau disandingkan dengan salad.

8. Elderflower ( Elderberry )

Elderflower banyak terdapat di eropa, biasanya bunga jenis ini mereka sajikan dengan minuman. Bahkan mereka kembangkan menjadi soft drink dan sirup loh yang cukup ditambakan sedikit gula dan air. 

 

Manfaat dari bunga ini dapat mengobati batuk, infeksi sinus, alergi, meningkatkan imun, dan menurunkan gula darah. Perlu untuk digaris bawahi bahwa tangkai dari bunga ini beracun loh, maka dari itu cukup keringkan bunga elderflower kemudian rendam atau dimasak ke dalam minuman.

9. Bunga Matahari

Selain bijinya, bagian lain dari bunga ini juga dapat dimakan loh. Kelopak bunga matahari yang masih muda dapat direbus dan dimakan seperti sayuran artichoke. Sejak dulu, kelopak bunga ini digunakan dalam sup, makanan berkuah dan mentega hingga bahan pengobatan.

 

Kandungan zat yang terdapat pada bunga ini antara lain ; quercimeritrin, helianthoside, oelanolic, dan echinocystic acid.  Manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh, antara lain ; mengatasi sakit kepala, sakit gigi, nyeri menstruasi, nyeri lambung, rematik, dan sulit melahirkan.

10. Bunga Zucchini

Bunga zucchini juga diketahui sebagai squash blossom. Bunga ini berwarna kuning terang, bunga ini dapat dipanen ketika sudah mekar. Di negara mexico bunga ini menjadi bagian menu makanan yang terkenal disana. Sedangkan di Italia bunga ini dijadikan sebagai sup dengan nama menunya Flor de Calabasa.


Itulah daftar 10 bunga yang dapat Anda konsumsi, selain bentuknya yang indah dapat juga menyehatkan tubuh.








Tidak ada komentar: