Sabtu, 24 November 2018

10 Jenis Keunggulan Tanaman Termurah Dapat Mengobati Beberapa Penyakit

Situstanamanhias || Seluruh dunia tahu bahwa indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dan tanah yang subur yang membuat negara ini dikaruniahi bermacam tumbuhan. Termasuk juga tanaman rempah-rempah yang menjadi ciri khas negara agraris ini. 

Sejak jaman dahulu leluhur sudah menggunakan beragam jenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakit fisik maupun dalam.Seiring berjalannya waktu dan semakin modern nya jaman, saat ini semakin sedikit orang yang menggunakan tanaman obat untuk mengobati penyakitnya. 

Mereka lebih memilih berobat dengan cara modern yang tanpa kita sadari mengandung zat kimia didalamnya, bahkan ada yang berobat sampai ke luar negeri demi mencari kesembuhan. 

Padahal bila mengkonsumsi obat dalam jangka panjang dapat menimbulkan  penyakit lain. Ditambah biaya pengobatan saat ini yang mahal, oleh karena itu obat-obatan dari tanaman tradisional ini mungkin menjadi alternatif untuk mengobati penyakitmu. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang dapat menjadi obat ;

1. Kunyit

 


Tanaman ini dapat Anda temukan di wilayah pedesaan yang merupakan salah satu tanaman obat yang banyak di manfaatkan sejak dulu sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti menghilangkan gatal-gatal, menghilangkan kesemutan, bahkan dapat menyembuhkan luka bakar. Selain itu penyakit juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti dioksidan, anti mikorba, pencegah kanker, mencegah tumor, dan membantu menurunkan kadar lemak.









2. Temulawak

 

 Tanaman obat selanjutnya adalah temulawak. Sudah tidak menjadi rahasia umum jika temulawak dapat digunakan sebagai alternatif obat yang berguna untuk mencegah menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sekaligus dapat menurunkan lemak darah. Tidak heran sejak jaman dahulu banyak yang menanam temulawak sebagai tanaman obat selain perawatannya yang mudah juga obat tradisional yang murah.

3. Kangkung

 

Tanaman sejuta umat satu ini pastinya sudah sangat familiar di kehidupan Anda? Kangkung, merupakan sayuran yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Kandungan tanaman hijau yang sangat segar ini ternyata tidak hanya mengandung serat, namun kaya juga akan zat besinya. 


Selain memberikan kesehatan pada tubuh,tanaman ini juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan antara lain seperti ; Cacar air, migrain, lemah syaraf, sakit gigi, sariawan, wasir, sembelit, insomnia.

Buat Anda yang ingin bercocok tanam dan membudidayakan tanaman herbal ini tidak harus memiliki modal yang besar cukup hanya menanam tunasnya di lahan rumah kamu yang kosong dan lihat hasilnya beberapa minggu kemudian. 


4. Lidah Buaya

 

Kandungan yang terdapat dari tanaman lidah buaya ini atau sebutan lainnya Aloe Vera sangat banyak dicari oleh pakar kesehatan, sari ekstrak dari tanaman ini mampu menjaga kelembabpan rambut dan  menghambat penuaan wajah jika dioleskan. Dengan modal yang terbilang murah Anda dapat melestarikan tanaman ini di pekarangan rumah ataupun kebun. 


Selain sebagai tanaman kecantikan diri manfaat lain yang dapat diambil dari tanaman ini adalah dapat menyembukan luka pada kulit dan apabila disajikan dengan minuman dapat membantu sistem pencernaan.


5. Daun Seledri


 

Daun seledri umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan sayuran atau oseng-oseng, rasanya yang gurih dan menambah citarasa tersendiri pada makanan. Walaupun aromanya yang tidak terlalu harum, daun seledri dapat berubah menjadi obat herbal untuk menyembukan penyakit seperti ; Rematik dan sendi, menurunkan tekanan darah, diabetes, asma, mata kering.


6.Jahe

 

Jika Anda lihat sekilas jahe memang mirip dengan temulawak, tetapi jahe cenderung memiliki serat yang sedikit kasar. Jah memiliki kandungan senyawa oleoresin yang bersifat sebagai antioksidan. Jahe sering dimanfaatkan sebagai obat untuk masuk angin, sakit kepala, menghilangkan rasa nyeri, bahkan menguragi lemak.

Itulah daftar nama-nama tanaman yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif kesehatan sekaligus bercocok tanam, karena perawatannya yang gampang juga harganya yang murah.

Tidak ada komentar: